Langsung ke konten utama

Tak Hanya Bitcoin, Blockchain Juga Potensial untuk Pertanian

Menurut data World Bank, perekonomian Indonesia saat ini termasuk dalam urutan ke 16 dalam kategori perekonomian terbesar di dunia. Sebanyak 33% angkatan kerja bekerja di sektor pangan dan pertanian. 

Selain itu, sebanyak 13,95% Produk Domestic Bruto (PDB) berasal dari sektor pangan dan pertanian yang berjumlah US$ 129.6 miliar.

Sebagai negara agraris, beragam tantangan dihadapi Indonesia, antara lain produktivitas padi dari petani Indonesia yang masih rendah (14,5% lebih rendah dibanding Vietnam), membuat biaya produksi menjadi yang termahal se-Asia menurut data dari International Rice Research Institute (IRRI). 


Selain itu, dilansir dari McKinsey Research, rendahnya efisiensi rantai distribusi antar petani ke konsumen juga mengakibatkan para petani Indonesia masih harus menghadapi kerugian dalam hal penurunan kualitas pasca panen sebesar 20% setiap tahunnya.

Berbagai tantangan ini antara lain bersumber dari ketidakmerataan data dan ketidakseragaman informasi terkait dengan kapasitas, pasar dan pembiayaan bagi seluruh pemain di sektor pertanian. 

Berkembangnya teknologi blockchain, bisa menjadi solusi bagi tantangan riil yang dihadapi Indonesia dalam sektor ini. Itulah dibidik HARA, proyek blockchain pertama untuk menciptakan dampak sosial positif di Indonesia. 

Blockchain secara sederhana adalah struktur data yang tidak dapat diubah, hanya bisa ditambahkan. Setiap data dari blockchain saling terhubung. Jadi jika ada perubahan di salah satu block data, akan berpengaruh terhadap data berikutnya.

Tak Hanya Bitcoin, Blockchain Juga Bisa Bermanfaat untuk Pertanian
CEO HARA Regi Wahyu
Dengan menggunakan blockchain sebagai teknologi di balik pertukaran data terdesentralisasi pada sektor pangan dan pertanian, HARA berupaya mengatasi masalah ketersediaan informasi asimetris, yang menghambat bisnis dalam rantai pasokan agar lebih efisien dan efektif.

Sebagai salah satu ekonom terpandang di Indonesia, Chatib Basri yang pernah menjabat Menteri Keuangan Republik Indonesia di Kabinet Indonesia Bersatu II, melihat peran krusial teknologi blockchain dalam meningkatkan produktivitas pertanian Indonesia.

"Pengembangan blockchain dan teknologi digital tidak diragukan lagi akan membantu mendorong perekonomian Indonesia melalui penyederhanaan birokrasi, memotong biaya transaksi, dan membuat proses transaksi menjadi lebih cepat," ujar Chatib yang resmi bergabung sebagai Board of Advisor HARA. 

Disebutkannya, dalam hal ini, blockchain HARA akan membantu petani di Indonesia meningkatkan produktivitas mereka, memotong biaya transaksi dan meningkatkan pendapatan mereka. 

Chatib sendiri mengaku merasa terhormat menjadi bagian dari penasihat HARA. Dirinya berharap sumbangsihnya dalam Board of Advisor HARA bisa berkontribusi dalam implementasi teknologo blockchain untuk pertanian. 

Dia percaya, penggunaan teknologi blockchain dapat merevolusi sektor pertanian melalui ketersediaan data dan pemerataan informasi. Karenanya, HARA mengajak seluruh pemangku kepentingan di sektor pertanian baik pemerintah, instansi keuangan, dan organisasi non-profit untuk bergabung dalam ekosistem HARA yang berkelanjutan.

Sementara itu, CEO HARA Regi Wahyu menyebutkan pihaknya merasa terhormat bisa dibimbing secara langsung oleh Chatib Basri dalam usaha menciptakan terobosan di bidang agraris. 

"Melalui teknologi blockchain, akan memberikan dampak positif bagi sektor pertanian di Indonesia dan mendukung Indonesia mencapai visinya sebagai lumbung pangan dunia pada 2045," ujar Regi.


Sumber: https://inet.detik.com/cyberlife/d-4141401/tak-hanya-bitcoin-blockchain-juga-potensial-untuk-pertanian

Komentar

Postingan populer dari blog ini

STEALTH CRYPTO: AN END TO ENDLESS CYBER ATTACKS

Have you ever dreaded from cyber attacks on your private data? Are you scared to save your private data on your mobile phones? Say No to this awful fear of being hacked. Stealth crypto is launching very first encrypted mobile phones in the industry. As the technology is growing with the generation, the threat of hacking is also increasing. Privacy and mobile phones are not a good combination as both moves in opposite directions. But stealth crypto is manufacturing first encrypted decentralized mobile phones with approved cyber cloud security service. Privacy is a corner which every person in this world crave for and each one needs a secure place where they can keep their private data with no fear. Stealth crypto is providing an opportunity to safeguard all your private data and save your phone from cyber attacks. Let's know more about the project. PROJECT INSIGHTS Stealthcrypto empowers its users with privacy and decentralized mobile communication. The platform has the po

INSCoin: The 1st Blockchain Based Insurance Company

Hello friends, I am very happy to give you this important information, as I usually do. I want you to read my entire writing and enrich your information and knowledge about the ICO project that I am following in its development. The ICO project I mean is "INSCOIN". This is a great innovation project and very interesting to follow in the future. About InsCoin for the Knox Project   The aim to establish the first insurance company "InsCoin for Knox Project" will receive Crypto (INSC) for payment of insurance premiums, and the first, with the help of blockchain, will solve the problem of forgery insurance policy. KNOX project will be the first insurance company that combines the real world with digital world using Blockchain technology, creating the most efficient and advanced sector, to find a solution to the problem of anti-counterfeit certification and insurance policies. This will be the first to issue insurance policies in the form of traditional sm

Cobo Wallet: Tumbuhkan dan Lindungi Aset Crypto Untuk Semua Orang

Tentang Cobo Cobo adalah perusahaan dompet terkemuka pertama di dunia yang menawarkan Proof-of-Stake (PoS) dan hadiah masternode pada kepemilikan pengguna, sehingga memudahkan pengguna untuk menumbuhkan aset digital mereka dengan mudah. Dengan dukungan untuk lebih dari tiga puluh koin yang berbeda, 500 token, dan toko DApp terintegrasi di sepanjang jalan, kami bertujuan untuk menjadi toko serba ada untuk semua barang crypto. Di Cobo Wallet, kami bekerja keras untuk menciptakan dompet cryptocurrency terbaik yang membuatnya mudah bagi semua orang untuk tumbuh dan melindungi crypto mereka. Kami telah menambahkan fitur baru yang luar biasa ke aplikasi dan dukungan untuk koin baru sehingga pengguna kami akan memiliki lebih banyak alasan untuk mencintai Cobo Wallet! Sekarang pengguna bisa mendapatkan Cobo Candy (CC) dengan menyelesaikan misi dalam aplikasi, mereka dapat mengubah Cobo Candy mereka menjadi crypto di Candy Shop, dan mereka dapat menyimpan lebih banyak koin di Cobo Wall